Jurnalistik

Jurnalistik sudah berkembang sangat pesat. Tidak lagi sebatas jurnalistik media cetak, tapi juga telah merambah media elektronik radio dan televisi, bahkan kini sudah masuk kedunia cyber media yang kita kenal dengan jurnalistik online.

Hakekatnya, jurnalistik merupakan rangkaian proses pencarian data dan informasi, sumber dan peliputan berita, kemudian pengolahan dan penyebaran informasi tersebut diekspose melalui surat kabar, radio dan atau televisi bahkan internet.

Menjadi jurnalis, jelas harus menguasai beberapa teknik dasar seperti menulis, wawancara, liputan langsung (investigative), mempresentasikannya, serta kemampuan mengoperasikan perangkat kamera foto (foto jurnalistik) maupun kamera video dan bahkan komputer dan informasi teknologinya.

Kini, di saat media cetak, elektronik serta informasi teknologi menjadi sebuah industri informasi dan komunikasi – era transparansi informasi telah membuka sekat ruang dan waktu dunia akan menjadi tanpa batas, maka kebutuhan sumber daya manusia yang menguasai skill di bidang jurnalistik kian bertambah tinggi. *** (T. Ahmad Pathoni)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: